Pelaksanaan Program Bantuan Pengembangan SPMI untuk Pembinaan Prodi di UCB tahun 2021

berpose bersama fasilitator Nasional dari Lingkungan Belmawa

Keberadaan lembaga atau unit penjaminan mutu disuatu universitas sangat diperlukan untuk melaksanakan dan meningkatkan SPMI dan SPME. Keberadaan lembaga atau unit penjaminan mutu untuk merupakan tolak ukur dari kemajuan mutu institusi tersebut terutama dalam mencapai hasil SPME yang sangat baik. Sehingga sangat penting SPMI ini dilaksanakan disemua program studi. Pelaksanaan SPMI tidak terlepas dari dokumen-dokumen SPMI. Dokumen-dokumen SPMI ini menjadi satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam SPMI. Dokumen SPMI menjadi “senjata” dalam pelaksanaan SPMI. Dokumen SPMI yang terdiri dari : Kebijakan, Manual Mutu, Standar Mutu dan Formulir mutu Perlu disusun dan ditetapkan agar SPMI dapat dilaksanakan dengan baik dan terarah.

Perguruan Tinggi di Indonesia, termasuk Universitas Citra Bangsa masih belum memahami bagaimana memulai implementasi evaluasi mutu internal yang merupakan siklus penting dalam penjaminan mutu internal. Evaluasi melalui kegiatan AMI diperlukan untuk menjamin akuntabilitas, objektivitas, dan indenpendesi dari evaluasi pelaksanaan standar dalam SPMI sesuai dengan amanah Permenristekdikti nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Tinggi untuk mencapai atau melebihi standar yang telah ditetapkan dan juga untuk perbaikan segera penyimpangan-penyimpangan terhadap standar kearah mutu yang lebih baik.

untuk terbentuknya budaya mutu yang berkelanjutan dan persamaan persepsi terkait dengan pelaksaan siklus SPMI maka melalui bantuan atau hibah dari pemerintah UCB melaksanakan rangkaian aktivitas-aktivitas yang dimulai dari tanggal 26 – 30 April 2021 di Hotel Naka Kupang yang didukung oleh berbagai Pihak yaitu L2DIKTI Wilayah XV, Narasumber dan Fasilitator dari Lingungan Belmawa, Yayasan CBIM dan Seluruh sivitas akademika UCB. Kegiatan ini berjalan lancar dan mendapat antusias yang luar biasa dari peserta.

Kegiatan pertama pada tanggal 26 April 2021 diawali dengan pembukaan dan kegiatan “Semiloka Pengembangan, Peningkatan, Penguatan Tata kelola Unit Penjaminan Mutu” bertujuan untuk Pemantapan Unit pengelola para aras institusi dengan uraian tugas dan wewenang yang jelas. dan terbentuknya unit penjaminan mutu pada aras fakultas dan aras program studi dengan menempatkan SDM yang memadai dan berkompeten dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing personalia yang jelas dalam pelaksanaan dan pengembangan SPMI.

Kegiatan kedua pada tanggal 27-28 April 2021 dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan – Workshop Penyusunan Dokumen SPMI (Kebijakan, Manual Mutu, Standar Mutu, dan Formulir Mutu” yang bertujuan untuk membentuk satu pemahaman dan pengertian bersama tentang pentingnya dokumen SPMI (Kebijakan, Manual Mutu, Standar Mutu dan Formulir mutu); Melatih peserta agar dapat mengetahui cara penyusunan dan penetapan dokumen SPMI (Kebijakan, Manual Mutu, Standar Mutu dan Formulir mutu); membentuk komitmen Bersama untuk membuat dan menetapkan dokumen-dokumen SPMI pada Lembaga penjaminan mutu Fakultas/ program studi masing-masing demi pelaksanaan SPMI.

Kegiatan ketiga pada tanggal 29-30 April 2021 dilanjutkan dengan “Pelatihan – Workshop Audit Mutu Internal” yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang implementasi AMI di lingkungan UCB hingga pada tahapan pengendalian dan peningkatan. Tujuan terpenting lainnya dari pelatihan ini adalah Tersedianya tenaga auditor internal yang memadai dan dalam pelatihan ini diperoleh 34 orang auditor mutu internal di lingkungan Universitas Citra Bangsa. Bravo.

Peserta Masih semangat mengikuti Kegiatan Workshop
Penyerahan sertifikat Auditor oleh Kepala LPM UCB kepada Auditor yang diwakili oleh Ibu Mili A. Jumetan, S.Tr.Keb.
Suasana Audit Lapangan

lampiran materi-materi kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *