LPM UCB Laksanakan Pelatihan SPMI dan AMI


Salah satu bukti dari komitmen UCB dalam meningkatkan mutu adalah terlaksananya Pelatihan SPMI dan AMI melalui Lembaga Penjaminan Mutu UCB. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi dari seluruh unit kerja yang ada di lingkungan UCB baik dari fakultas, program studi, biro dan juga unit penunjang lainnya tentang cara dan strategi peningkatan mutu PT melalui SPMI dan AMI.

Pelatihan SPMI dan AMI ini dijadwalkan mulai tanggal 26-27 Februari 2021 secara teori melalui zoom meeting dengan menghadirkan narasumber-narsumber yang terpecaya dan telah mengikuti berbagai pelatihan maupun workshop SPMI baik secara lokal maupun nasional. Setelah ini kegiatan akan dilanjutkan pada tanggal 4-6 Maret 2021 dengan praktik AMI yang akan dilakukan secara offline atau audit lapangan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 45 orang baik dari pimpinan maupun perwakilan dari 3 fakultas, 10 program studi, 3 biro dan 3 UPT.

Narasumber yang pertama adalah Prof. Dr. Frans Salesman, SE.M.Kes selaku Rektor UCB yang membuka kegiatan ini dengan resmi sekaligus menyampaikan materi tentang Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Beliau juga memotivasi seluruh sivitas akademika UCB untuk berkomitmen meningkatkan Mutu UCB dengan menerapkan model pendidikan 4.0 yaitu menekankan pada mengubah mind set pembelajaran dari LOTs ke HOTs. seluruh SDM UCB khususnya Dosen dan Mahasiswa diharapkan menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif dengan 5 pola pikir yaitu disiplin, kreatif, sintetis, empati dan etis. Dan selalu siap dalam menghadapi berbagai perubahan terutama dalam masa pandemi COVID-19.

Narasumber kedua dan ketiga dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV (L2DIKTI XV) yaitu Bapak Abdurahman, S.Pd.,MM (Kepala TU L2DIKTI VX) menyampaikan materi tentang Menuju Tata Kelola PT yang Unggul dan Bapak Siprianus Tua, S.Pd.,M.Pd. (POKJA Akademik L2DIKTI XV) menyampaikan materi tentang Peran L2DIKTI dan meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Dalam Materinya Pak Abdurahman menyampaikan bahwa salah satu pilihan strategis dalam membangun daya saing PT adalah memperkuat manajemen dan tata kelola perguruan tinggi berdasarkan prinsip Good University Governance (GUG). Selain manfaat internal, penerapan GUG juga sangat bermanfaat untuk membangun market trust. Penerapan GUG di PT membutuhkan komitmen pimpinan, staf, serta seluruh stakeholders. Selain itu, Pak Siprianus juga menambahkan bahwa L2DIKTI XV memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan mutu perguruan tinggi yaitu dalam bentuk pengawasan, pengendalian dan pembinaan. L2DIKTI akan terus membangun relasi yang baik dengan seluruh PT termasuk UCB agar terciptanya mutu PT secara berkelanjutan. Materi Selanjutnya disampaikan oleh Kepala LPM UCB Dr. Drs. Abdul Madjid, M.Kes. tentang Pentingnya Implementasi SPMI di PT dan materi terakhir dari kegiatan pelatihan hari pertama disampaikan oleh Jannes B. Selly, M.Si.,M.Kes (Dosen/Auditor) dan Femberianus Tanggur, S.Pd.,M.Pd. (Dosen/Auditor) tentang Penyusunan Dokumen SPMI yang terdiri dari 4 buku yaitu kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI dan Formulir. Dari ketiga Pemateri tersebut diharapkan bahwa UCB dapat meningkatkan standar pendidikan tinggi dari minimal standar dikti (24 SN_Dikti) yang telah ditetapkan berdasarkan permendikbud nomor 3 tahun 2020, baik melampaui secara kuantitatif maupun kualitatif. Ditegaskan lagi oleh Dr. Abdul Madjid bahwa setelah semua standar telah ditetapkan maka seluruh sivitas akademika UCB wajib mengimplemtasikannya secara baik dan berkelanjutan.

Kegiatan pada hari kedua materi pokoknya adalah Audit Mutu Internal yang disampaikan oleh Aysanti Yuliana Paulus, S.KM.,M.Kes(Epid) (sekretaris LPM UCB/Auditor) tentang Pengertian, Tujuan, Manfaat AMI dan Sumber Daya Auditor dengan Hironimus Tangi, S.Pd.,M.Pd. (Pelatih SPMI Nasional/Kepala LPM Unwira) tentang Teknik, Metode Pelaksanaan AMI, Pelaporan dan RTM. Audit Mutu Internal adalah proses pengujian yang  sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk  memastikan pelaksanaan kegiatan di PT sesuai prosedur  dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai  tujuan institusi. Audit Mutu Internal dilaksanakan untuk mengetahui apakah setiap pelaksana standar  telah menjalankan standar SPMI yang menjadi tanggungjawabnya sehingga dapat bermanfaat dalam membantu PT mencapai tujuannya dengan cara mengevaluasi dan  mendorong adanya peningkatan mutu. Evalusi melalui AMI juga sangat berperan penting dalam mengendalikan risiko-risiko yang dapat mengancam PT. selain itu juga sangat membantu institusi dan program studi dalam mempersiapkan Akreditasi.

Para Narasumber juga menegaskan bahwa pelaksanaan AMI tidak boleh diabaikan dalam siklus SPMI yaitu PPEPP. Oleh karena itu, Pimpinan PT, LPM dan auditor harus menjadi tim kerja yang baik dan saling membantu dalam menyiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan AMI. Audittee pada saat AMI wajib menyampaikan hal atau fakta yang sebenarnya sehingga jika terdapat ketidaksesuaian dalam pelaksanaan standar pendidikan segera ditindaklanjuti atau dikendalikan oleh institusi atau pihak yang bertanggung jawab. Semua temuan auditor wajib dilaporkan kepada pimpinan melalui Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang melibatkan semua pimpinan termasuk pemangku kepentingan (Yayasan). Hal terakhir yang diharapkan dalam pelaksanaan AMI adalah adanya pengembangan sistem SPMI UCB yang dapat mempermudah pelaksanaan AMI dimasa Pandemi ini. UCB telah siap untuk merancang sistem tersebut dengan dukungan dari Permendikbud.

Ketua Panitia Kegiatan Aysanti Yuliana Paulus,S.KM.,M.Kes(Epid) mengharapkan bahwa dengan adanya pelatihan ini budaya mutu di UCB dapat ditingkatkan dan menghasilkan SDM Auditor yang independen yang dapat melaksanakan tugas dengan baik menuju UCB Jaya. Ucapan terima kasih yang berlimpah juga disampaikan kepada semua narasumber dan peserta yang telah berpartisipasi secara aktif dan penuh semangat. permohonan maaf juga disampaikan jika dalam pelaksanaan ada hal-hal yang tidak berkenan. Masih tetap diharapkan semangatnya dalam kegiatan selanjutnya yaitu pelaksanaan praktik AMI dan pelaporan pada tanggal 4-6 Maret 2021

Setiap orang memperjuangkan mutu tidak pernah mendapat medali/pengakuan,Tetapi… orang yang mendapat medali oleh karena seorang pejuang mutu” Salam Mutu.

lampiran jadwal dan materi kegiatan

Kegiatan ini juga dapat disaksikan di channel youtube Universitas Citra Bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *